Kotak Pencarian

Memuat...
Ada kesalahan di dalam gadget ini

15.3.12

Materi Assesment

A. Pengertian assessment

Assessment adalah proses pengumpulan data/informasi secara sistematis dan komprehensif tentang potensi individu yang digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam menyusun program dan memberikan layanan pembelajaran yang tepat bagi perkembangan individu yang bersangkutan secara optimal.

Perbedaan assessment dengan evaluasi

komponen

Assesment

Evaluasi

Pelaksanaan

Sebelum, saat dan akhir pembelajaran dan terus bergulir tanpa henti

Saat dan akhir pembelajaran

Instrument

Didasarkan pada masalah dan kemampuan yang dimiliki anak

Didasarkan oada materi yang telah diberikan pada anak

Tujuan

Untuk melihat kondisi anak saat itu baik kemampuan, kesulitan, maupun kebutuhan belajarnya.

Untuk mengukur seberapa jauh materi dapat dikuasai anak

B. Tujuan assessment

  1. Menyaring kemampuan anak berkebutuhan khusus
  2. Untuk pengklasisikasian, penempatan, dan penemuan program pendidikan anak ABK
  3. Untuk menetukan arah dan tujuan pendidikan serta kebutuhan ABK
  4. Untuk mengembangkan program pendidikan yang di individualisasikan (IEP)
  5. Lingkungan belajar dan evaluasi pengajaran

C. Ruang lingkup assessment

  1. Assesment akademik: membaca, menulis, matematika
  2. Assessment perkembangan: kognitif dasar, persepsi, konsentrasi, memori, bahasa dan komunikasi, motoric, social dan emosi, prolaku adaptif

D. Teknik assessment

  1. Tes: serentetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengkuru keterampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan minat dan bakat yang dimiliki individu atau kelompok
  2. Observasi: mengadakan pengamatan terhadap suatu objek , gejala, peristiwa, atau proses yang terjadi dalam suatu situasi baik yang terjadi pada manusia ataupun lingkungannya .
  3. Wawancara: teknik pengambilan data secara verbal dengan cara mengadakan Tanya jawab baik langsung maupun tidak langsung dengan responden.
  4. Inventori: alat pengumpul data yang sifatnya mengukur kecenderungan karakteristik perilaku individu.

E. Assessment perkembangan kognitif dasar : Klasifikasi, seriasi, korespondensi, konservasi

F. Assessment perkembangan motoric: gerak kasar, gerak halus, keseimbangan,

G. Assessment keterampilan membaca : memperoleh data tentang keterampilan siswa dalam melakukan aktivitas membaca baik dalam hal ketepatan, maupun dalam memahami isi bacaan

Ruanglingkup

membaca teknis meliputi:mengenal huruf, bunyi, menggabungkan bunyi, variasi bunyi

Pemahaman meliputi: pengembangan kosakata, pemahaman literal, inferensial, membaca kritis, apresiasi

H. Ruang lingkup assessment matematika meliputi :

Conten seperti : aritmetika, pengukuran

Hasil belajar meliputi: dimensi kuantitatif, dimensi kualitatif

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jika Anda suka artikel ini, mohon dukung dengan cara klik salah satu link di bawah ini.

Amazing! http://clanshelper.com/ - I got free CoC gems here! Get yous too in less than two minutes!! Everybody is already using free CoC gems from here.(CMXNZgFDGc)
Ada kesalahan di dalam gadget ini