Kotak Pencarian

Memuat...
Ada kesalahan di dalam gadget ini

16.9.10

TEKNIK PEMBELAJARAN MELUKIS DENGAN JARI (FINGER PAINTING)

MELUKIS DENGAN JARI (FINGER PAINTING)
A. Materi
Pendekatan Seni sebagai suatu proses pembelajaran pada saat ini, sering dianggap tidak terlalu penting. Banyak sekolah-sekolah yang malah menghilangkan kegiatan kesenian dalam proses pendidikan anak di sekolah. Seni mempunyai nilai penting yang sama dengan pelajaran-pelajaran yang terdapat pada kurikulum pendidikan (Dewey, 1934). Apabila pendekatan seni digunakan secara baik dan benar, dapat menjadi suatu pendekatan yang sangat berguna untuk membantu anak mengatasi masalahnya sehingga dapat memperbaiki perilaku anak. Salah satunya adalah pendekatan seni dengan metode melukis dengan jari atau lebih dikenal dengan istilah finger painting.
Bermain coret-coret sangat digemari anak-anak apalagi jika menggunakan jari-jari mereka. Beraneka kreasi coretan indah bisa dibuat dari lukisan dengan jari ini (finger painting). Dan untuk lebih amannya cat untuk finger painting ini bisa dibuat sendiri dirumah, tanpa harus menggunakan cat yang dijual ditoko-toko.

B. Tujuan
Tujuan dari Seni mengajar menggunakan teknik melukis dengan jari (finger painting) ini adalah :
1. Mengembangkan kebebasan dalam bereksplorasi
2. Mengembangkan kreativitas
3. Meningkatkankan koordinasi motorik halus
4. Mengembangkan kemandirian dan keyakinan diri

C. Pelaksanaan
Pelaksanaan teknik mengajar finger painting adalah sebagai berikut:
1. Ambil dua sendok makan tepung terigu, kemudian tambahkan sedikit air. Aduklah sampai anda mendapatkan adonan yang lembut seperti pasta
2. Tambahkan beberapa tetes pewarna kue. Taruh adonan ini diatas kertas yang sudah tergerai di atas meja.
3. Lindungi pakaian sikecil dengan T-Shirt beka atau celemek sebelum melatih sikecil melukis dengan jari-jarinya.
4. Selanjutnya sikecil memainkan jari-jarinya di kertas yang berisi adonan itu.
Gunakan kata “licin” dan “basah” ketika bercakap-cakap dengan si kecil. Anjurkan ia untuk memainkan jari-jarinya ke depan, kebelakang, memutar, kesamping kiri dan kanan. Atau membuat cap telapak tangannya di atas kertas, atau bisa juga membuat bunga dan tangkainya dari cetakan telapak tangan mereka dan lengan mereka. Atau Gunakan jari telunjuk untuk membuat bulatan-bulatan di seluruh kertas dan biarkan sikecil bermain bebas dengan tangannya.
Sebagai penutup di aktivitas ini buatlah sikecil bangga dengan hasil karyanya dengan memasang hasil karyanya dipintu kulkas dengan menggunakan selotip d sepanjang pinggiran lukisan itu atau magnet. Kalau lukisan itu sudah kering, biarkan sikecil merasakannya. Katakan pada si kecil kalau lukisan itu mengering karena air di adonan itu sudah menguap.

D. Evaluasi
Gambar yang dihasilkan berbentuk abstrak dan hasil gambar tidak menggambarkan apa yang sedang dipikirkan oleh anak, tetapi pada apa yang dirasakan. Hasil gambar terlihat sangat ekspresif, penuh warna, bidang kertas penuh dengan hasil lumuran cat dan gambar sangat spontan. Dan dari hasil karya anak pengungkapan perasaan anak sangat terlihat, ia sangat relax, tenang dan bersemangat. Dengan hasil ini, kita menemukan bahwa pendekatan finger painting sangat mempengaruhi anak. Ia dapat mengekspresikan emosinya dengan pendekatan media ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jika Anda suka artikel ini, mohon dukung dengan cara klik salah satu link di bawah ini.

Amazing! http://clanshelper.com/ - I got free CoC gems here! Get yous too in less than two minutes!! Everybody is already using free CoC gems from here.(CMXNZgFDGc)
Ada kesalahan di dalam gadget ini